5 Macam Kebutuhan Nutrisi Anak dalam Masa Perkembangannya

5 Macam Kebutuhan Nutrisi Anak dalam Masa Perkembangannya

Kebutuhan nutrisi setiap anak berbeda, terutama karena usianya. Sebab setiap tahapan perkembangan umur akan menuntut adanya kemampuan baru yang perlu dipelajari.  Umumnya anak akan beraktivitas di luar lebih banyak lagi.

Sehingga dengan seiringnya usia, maka kebutuhan energinya akan semakin besar. Oleh karenanya orangtua semestinya memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan hariannya.

Apa sajakah nutrisi yang dibutuhkan itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Macam Kebutuhan Nutrisi

Cara memenuhi kebutuhan nutrisi yang utama adalah dengan memberikan konsumsi berkualitas. Sehingga pada gizi yang dibutuhkan akan berada pada jumlah yang sama.

Adapun nutrisi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan makronutrien yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.  Tentunya anak membutuhkan nutrisi ini agar dapat beraktivitas dengan baik. Pilihan sumber makanannya pun sangat banyak.

Dapat memperkaya sajian dengan mengolah berbagai sumber karbohidrat yang ada di pasar. Mulai dari berbagai macam beras, biji-bijian, gandum dan produk turunannya seperti pasta dan roti.

Protein

Protein merupakan makromolekul yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses regenerasi sel yang rusak serta meningkatkan ukuran dan jumlah sel anak dapat bertumbuh sesuai dengan standar ideal.

Sumber protein pun beragam.  Ada banyak pilihan, mulai dari nabati sampai hewani. Protein yang berasal dari tumbuhan misalnya adalah kacang-kacangan. Sementara yang berasal dari hewan adalah daging dagingnya,  telur, dan makanan laut.

Lemak

Lemak juga merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga. Umumnya Ini akan disimpan sebagai cadangan lemak dan akan digunakan jika aktivitas tubuh meningkat.

Emang juga berfungsi sebagai pelarut berbagai macam vitamin yang hanya dapat larut dalam lemak. Nantinya mikronutrien tersebut dibutuhkan dalam proses metabolisme sesuai dengan fungsinya.

Mineral

Mineral merupakan salah satu mikro protein yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Namun ketiadaannya dapat mempengaruhi proses metabolisme organ tubuh. Sehingga perlu disediakan sesuai dengan kebutuhan hariannya.

Contoh mineral yang diperlukan adalah kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara zat besi memegang peranan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Vitamin

Vitamin merupakan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh  dalam jumlah kecil. Kendati demikian kebutuhannya harus terpenuhi setiap hari karena memiliki fungsi penting untuk menunjang kesehatan.

Contoh vitamin dan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Vitamin A berperan untuk menjaga kesehatan mata
  • Vitamin B memiliki peran penting untuk mengubah karbohidrat menjadi sumber energi. Selain itu juga dapat mendorong proses optimasi saraf.
  • Sementara vitamin C memiliki peranan penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin D sendiri membantu penyerapan mineral kalsium berlangsung secara optimal

Kini Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak memperkaya sajiannya. Pilihlah bahan makanan yang tepat agar anak mau  mengkonsumsinya tanpa perlu menjadi picky eater.